Jumat, 13 November 2009

OPERATOR AND ARITHMETIC

SUMMARY FOR CHAPTER 4
Operator dan Arithmetic

Operator
notasi yang digunakan untuk predikat adalah salah satu dari standar
functor diikuti oleh sejumlah argumen dalam kurung, misalnya suka (john, mary).
Sebagai alternatif, apapun predikat yang ditetapkan pengguna dengan dua argumen (binary predikat) dapat dikonversi ke operator infiks. Hal ini memungkinkan functor
(predikat nama) yang akan ditulis di antara dua argumen tanpa tanda kurung, misalnya
john suka mary. Setiap predikat yang ditetapkan pengguna dengan satu argumen (a unary predikat)dapat diubah menjadi prefiks operator. Hal ini memungkinkan untuk functor ditulis sebelum argumen tanpa tanda kurung. Notasi operator juga dapat digunakan dengan mudah dibaca aturan untuk bantuan. Setiap predikat yang ditetapkan pengguna dengan satu atau dua argumen dapat dikonversi ke operator dengan memasukkan tujuan menggunakan op predikat pada sistem prompt.

relasional operator untuk membandingkan nilai numerik, termasuk
daripada 'dan> menunjukkan' lebih besar dari '.
Jadi istilah berikut adalah valid, yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh seorang
aturan:

X> 4
Y
A = B

Notasi tanda kurung juga dapat digunakan dengan built-in predikat yang didefinisikan sebagai
operator, e.g. > (X, 4) bukan X> 4.


Arithmetic
Meskipun contoh-contoh yang digunakan dalam bab-bab sebelumnya buku ini adalah non-numerik(hewan yang mamalia dll), Prolog juga menyediakan fasilitas untuk melakukan aritmatika menggunakan notasi yang serupa dengan yang sudah akrab bagi banyak pengguna dari aljabar dasar. Hal ini dicapai dengan menggunakan built-in predikat adalah / 2, yang telah ditetapkan sebagai infiks operator dan dengan demikian ditulis antara dua argumen. Cara yang paling umum adalah menggunakan / 2 adalah dimana argumen pertama adalah terikat variabel. Mengevaluasi tujuan X -6,5 akan menyebabkan X untuk terikat dengan jumlah -6,5 dan tujuan untuk sukses.

Argumen kedua dapat berupa nomor atau ekspresi aritmatika misalnya
X adalah 6 * Y + Z-3.2 + P-Q / 4 (* menandakan perkalian).
Setiap variabel yang muncul dalam sebuah ekspresi aritmatika sudah harus terikat(sebagai mengevaluasi hasil dari tujuan sebelumnya) dan nilai-nilai mereka harus numerik. Disediakan Dengan 60 Logika Pemrograman Prolog
mereka, tujuan akan selalu berhasil dan variabel yang membentuk pertama
argumen akan terikat dengan nilai ekspresi aritmetik. Jika tidak, kesalahan
pesan akan muncul.

? - X 10,5 4,7 * 2.
X = 19,9
? - Y adalah 10, Z adalah Y 1.
Y = 10,
Z = 11

Simbol seperti + - * / dalam ekspresi aritmatika adalah jenis khusus infiks
operator yang dikenal sebagai operator aritmetika. Tidak seperti operator digunakan di tempat lain di Prolog mereka tidak predikat tetapi fungsi yang mengembalikan nilai numerik. Seperti halnya angka-angka, variabel dan operator, ekspresi aritmatika dapat mencakup fungsi aritmatika, ditulis dengan argumen mereka dalam tanda kurung (yaitu bukan sebagai operator). Seperti operator aritmetika ini kembali nilai-nilai numerik, misalnya menemukan akar kuadrat dari 36:

? - X adalah sqrt (36).
X = 6

Operator aritmetik - dapat digunakan tidak hanya sebagai operator infiks biner
menunjukkan perbedaan dua nilai numerik, misalnya X-6, tetapi juga sebagai awalan unary operator untuk menunjukkan negatif dari sebuah nilai numerik, misalnya

? - X adalah 10, Y-X-2.
X = 10,
Y = -12

Tabel di bawah menunjukkan beberapa operator dan aritmatika aritmetika
fungsi yang tersedia dalam Prolog.
X + Y jumlah X dan Y
X-Y perbedaan dari X dan Y
X * Y produk X dan Y
X / Y hasil bagi X dan Y
X / / Y 'integer hasil bagi' dari X dan Y (hasilnya adalah dipotong ke
terdekat integer antara itu dan nol)
X ^ Y X ke Y kekuatan
-X negatif X
abs (X) nilai absolut X
sin (X) sinus X (untuk X diukur dalam derajat)
cos (X) kosinus X (untuk X diukur dalam derajat)
max (X, Y) yang lebih besar dari X dan Y
sqrt (X) akar kuadrat X
Operator dan Artithmetic 61

Contoh
? - X adalah 30, Y adalah 5, Z adalah X + Y + X * Y + sin (x).
X = 30,
Y = 5,
Z = 185,5

Meskipun merupakan predikat biasanya digunakan dalam cara yang dijelaskan di sini, pertama argumen juga bisa menjadi nomor atau sebuah variabel terikat dengan nilai numerik. Dalam kasus, nilai numerik dari dua argumen dihitung. Tujuan berhasil
jika ini adalah sama. Jika tidak, itu gagal.

? - X 7, X adalah 6 +1.
X = 7
? - 10 adalah 7 13-11 9.
tidak
? - 18 adalah 7 13-11 9.
ya

Unifikasi
Deskripsi sebelumnya dapat disederhanakan dengan mengatakan bahwa argumen kedua dari
yang adalah / 2 operator dievaluasi dan nilai ini kemudian disatukan dengan argumen pertama. Hal ini menggambarkan fleksibilitas konsep penyatuan.

(a) Jika argumen pertama adalah variabel terikat, ia terikat dengan nilai yang
Argumen kedua (sebagai efek samping) dan tujuan adalah berhasil.

(b) Jika argumen pertama adalah angka, atau variabel terikat dengan nilai numerik, itu dibandingkan dengan nilai argumen kedua. Jika mereka adalah sama, adalah tujuan
berhasil, selain itu gagal. Jika argumen pertama adalah atom, istilah majemuk, daftar, atau variabel terikat satu ini (tidak ada yang seharusnya terjadi), hasilnya adalah tergantung pada implementasi. Kemungkinan besar akan terjadi kesalahan. Perhatikan bahwa tujuan seperti X adalah X 1 akan selalu gagal, apakah X tidak terikat.

? - X adalah 10, X adalah X +1.
tidak
Untuk meningkatkan nilai oleh satu memerlukan pendekatan yang berbeda.
62 Logika Pemrograman Dengan Prolog
/ * Versi salah * /
meningkatkan (N):-N adalah N +1.
? - Meningkatkan (4).
tidak
/ * Benar versi * /
meningkatkan (N, M):-M adalah N +1.
? - Meningkat (4, X).
X = 5

Operator Precedence di Arithmetic Expressions
Bila ada lebih dari satu operator di sebuah ekspresi aritmatika, misalnya A + B * C-D, Prolog kebutuhan sarana menentukan urutan operator akan diterapkan.
Untuk operator dasar seperti + - * dan / itu sangat diinginkan bahwa ini adalah
adat 'matematika' order, yaitu ekspresi A + B * CD harus ditafsirkan
sebagai 'menghitung produk B dan C, tambahkan ke A dan kemudian kurangi D', bukan sebagai 'menambahkan A dan B, kemudian kalikan dengan C dan kurangi D '. Prolog mencapai hal ini dengan memberikan masing-masing operator numerik nilai didahulukan. Operator didahulukan relatif tinggi seperti * dan / diterapkan sebelum mereka yang didahulukan lebih rendah seperti + dan -. Operator dengan prioritas yang sama (misalnya + dan -, * dan /) diterapkan dari kiri ke kanan. Efeknya adalah untuk memberikan ekspresi seperti A + B * CD makna bahwa pengguna yang akrab dengan aljabar akan mengharapkan untuk memiliki, yaitu A + (B * C)-D. Jika urutan yang berbeda diperlukan evaluasi ini dapat dicapai dengan menggunakan kurung, e.g. X adalah (A + B) * (C-D). Ungkapan tanda kurung selalu dievaluasi terlebih dahulu.

Relational Operator
The infiks operator =: = = \ =>> = <=
relasional operator. Mereka digunakan untuk membandingkan nilai dari dua aritmatika
ekspresi. Tujuan berhasil jika nilai ekspresi pertama adalah sama dengan, tidak
sama dengan, lebih besar dari, lebih besar dari atau sama dengan, kurang dari atau kurang dari atau sama dengan
nilai dari ekspresi kedua, masing-masing. Kedua argumen harus angka,
terikat variabel atau ekspresi aritmetika (di mana setiap variabel terikat untuk
nilai numerik).

? - 88 15-3 =: = 110-5 * 2.
ya
? - 100 = \ = 99.
ya
Operator dan Artithmetic 63
Kesetaraan 4,3 Operator

Ada tiga jenis operator relasional untuk pengujian kesetaraan dan ketidaksetaraan
tersedia dalam Prolog. Tipe pertama digunakan untuk membandingkan nilai-nilai aritmatika ekspresi. Dua lainnya jenis tersebut digunakan untuk membandingkan istilah.

Aritmatika Expression Kesetaraan =: =
E1 =: = E2 berhasil jika ekspresi aritmetika mengevaluasi E1 dan E2 yang sama
nilai

? - 6 +4 =: = 6 * 3-8.
ya
? - Sqrt (36) +4 =: = 5 * 11-45.
ya

Untuk memeriksa apakah suatu bilangan bulat ganjil atau bahkan kita dapat menggunakan checkeven / 1 predikat
didefinisikan di bawah ini.

checkeven (N):-M adalah N / / 2, N =: = 2 * M.
? - Checkeven (12).
ya
? - Checkeven (23).
tidak
? - Checkeven (-11).
tidak
? - Checkeven (-30).
ya

Integer hasil bagi para operator / / membagi argumen pertama dengan kedua dan
memotong hasilnya ke integer terdekat antara itu dan nol. Jadi 12 / / 2 adalah 6, 23 / / 2 adalah 11, -11 / / 2 adalah -5 dan -30 / / 2 adalah -15. Membagi sebuah integer dengan 2 menggunakan / / dan mengalikan itu dengan 2 lagi akan memberikan bilangan asli jika bahkan, tetapi tidak sebaliknya. Ekspresi aritmatika Ketidaksetaraan = \ = E1 = \ = E2 berhasil jika ekspresi aritmetika E1 dan E2 tidak mengevaluasi ke nilai sama

? - 10 = \ = 8 3.
ya

Logika Pemrograman Dengan Prolog
Persyaratan Identik ==
Kedua argumen dari operator == infiks harus istilah. Tujuan Term1 == Term2
berhasil jika dan hanya jika Term1 identik dengan Term2. Setiap variabel yang digunakan dalam istilah mungkin atau mungkin tidak sudah terikat, tetapi tidak ada variabel terikat sebagai akibat dari mengevaluasi tujuan.

? - Suka (X, Prolog) == suka (X, Prolog).
X = _
? - Suka (X, Prolog) == suka (Y, Prolog).
tidak
(X dan Y adalah variabel yang berbeda)
? - X adalah 10, pred1 (X) == pred1 (10).
X = 10
? - X == 0.
tidak
? - 6 4 == 3 +7.
tidak

Nilai sebuah ekspresi aritmatika hanya dievaluasi jika digunakan dengan adalah / 2
operator. Berikut 6 +4 hanyalah sebuah istilah dengan functor + dan argumen 6 dan 4. Ini sama sekali berbeda dari istilah 3 +7. Persyaratan Tidak Identik \ ==
Term1 \ == Term2 tes apakah Term1 tidak identik dengan Term2. Tujuan berhasil
jika Term1 == Term2 gagal. Selain itu gagal.

? - Pred1 (X) \ == pred1 (Y).
X = _,
Y = _

(Output menandakan bahwa baik X dan Y adalah terikat dan variabel yang berbeda.)
Syarat Identik Dengan Unifikasi = Istilah kesetaraan operator = adalah serupa dengan == dengan satu penting (dan sering sangat berguna) perbedaan. Tujuan Term1 = Term2 berhasil jika Term2 istilah Term1 dan menyatukan, yaitu ada beberapa cara untuk mengikat nilai-nilai variabel yang akan membuat persyaratan identik. Jika tujuan berhasil, seperti terjadi sebenarnya mengikat.


Logical Operator
Bagian ini memberikan gambaran singkat dari dua operator yang mengambil argumen yang
panggilan istilah, yaitu istilah yang dapat dianggap sebagai tujuan.
Operator yang tidak Operator awalan bukan / 1 dapat ditempatkan sebelum tujuan untuk memberikan yang pengingkaran. Itu tujuan menegasikan berhasil jika tujuan asli gagal dan gagal jika tujuan asli berhasil. Contoh berikut menggambarkan penggunaan tidak / 1. Diasumsikan bahwa database berisi satu klausul

anjing (fido).
? - Tidak anjing (fido).
tidak
? - Anjing (fred).
tidak
? - Tidak anjing (fred).
ya
? - X = 0, X adalah 0.
X = 0
? - X = 0, bukan X adalah 0.
tidak

The pemisahan Operator
The pemisahan operator; / 2 (ditulis sebagai karakter titik koma) digunakan untuk mewakili
'atau'. Ini adalah infiks operator yang membutuhkan dua argumen, yang keduanya adalah tujuan.
Tujuan1; Tujuan2 berhasil jika salah Tujuan1 atau Tujuan2 berhasil.
? - 6 <3; 7 adalah 5 +2.
ya
Operator dan Artithmetic 67
? - 6 * 6 =: = 36; 10 = 8 3.
ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar